Sabtu, 23 Juli 2011

Tips merawat Netbook dan Notebook agar tetap sehat.


Sudah punya netbook atau notebook? kalau baru punya netbook atau notebook tentunya kita sangat sayang sekali, tiap hari kita elus dan selalu ingin bertemu bahkan waktu kita bersama netbook atau notebook melebihi waktu kita bersama pacar atau keluarga kita. Jadi, untuk menjaga agar netbook dan notebook agar tetap sehat dan nyaman untuk digunakan, berikut ini adalah beberapa tips yang seharusnya anda lakukan. Adapun tips merawat Netbook dan Notebook diantaranya adalah:

1. Pasang Pelindung
Ada beberapa pelindung yang dapat kita pasang untuk menjaga netbook dan notebook dari goresan, debu, tumpahan zat cair dan tentunya juga untuk menjaga kebersihan. Anda dapat memasang pelindung pada layar (Screen protector), pelindung casing (cover protector) atau pelindung keyboard (keyboard protector)

2. Menggunakan baterai dengan benar
Perhatikan selalu indikator pengisian baterai, jika proses pengisian baterai sudah selesai segera cabut. karena jika dibiarkan baterai yang sudah penuh terus dalam posisi ini akan dapat menyebabkan berkurangnya umur baterai.

3. Lepaskan baterai jika perlu
Jika anda akan menggunakan netbook dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya lepaskan dan pasang power listrik secara langsung, jangan lupa juga menggunakan UPS untuk mengantisipasi mati listrik tiba-tiba. Hal ini dapat memperpanjang usia baterai.

4. Biasakan jangan kasar
Pada umumnya alat elektronik sangat rentan akan goncangan, jadi jangan biarkan perangkat anda tergoncang tiba-tiba. biasanya menutup dan meletakkan netbook secara pelan.

5. Jangan meletakkan netbook anda sembarangan
jika anda menngunakan netbook biasanya untuk meletakkan diatas tempat yang padat, jangan biasanya menggunakan netbook pada pangkuan atau diatas tempat yang empuk. karena ini dapat meghambat keluarnya panas.

6. Gunakan cooling pad jika diperlukan
Jika anda menggunakan netbook di lingkungan yang agak panas, gunakan cooling pad. ini akan dengan cepat menjaga sirkulasi udara segar dan membuang udara panas.

7.Bersihkan secara berkala
Bersihkan secara berkala netbook anda dari debu atau bekas-bekas minyak bekas sentuhan tangan. periksa sela-sela keyboard dari debu dan bersihkan segera. anda bisa menggunakan kuas atau menggunakan penyedot debu. Bersihkan layar dengan bahah yang halus dan lembut. bersihkan dengan berlahan dan searah.

8. Simpan netbook anda ditempat yang sejuk dan kering
Jika anda tidak menggunakan dalam waktu yang lama, lepaskan baterai dan masukkan dengan rapi dalam tas. kemudian simpan di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak.

Demikianlah tips merawat Netbook dan Notebook agar tetap sehat dan nyaman untuk digunakan, semoga bermanfaat.
 
refrensi : http://tips-arton.blogspot.com/2009/09/tips-merawat-netbook-dan-notebook-agar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar