Sabtu, 23 Juli 2011

Langkah mudah meningkatkan kinerja Windows XP

meningkatkan kinerja komputer
Jika Anda berpikir bahwa dengan memiliki hardware yang memadai untuk kinerja komputer Anda akan baik, maka asumsi ini tidak semua benar. Karena fakta banyak perangkat komputer yang memiliki hardware yang baik tetapi tidak secara optimal kinerja komputer. Untuk meningkatkan performa komputer Anda, berikut adalah beberapa tips yang Anda dapat dengan mudah melakukannya. Tapi kau harus tahu bahwa tips tentang cara meningkatkan kinerja komputer hanya untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan:

1. Disk Defrag
Salah satu faktor yang memperlambat kinerja komputer adalah fragmentasi disk. Ketika file terfragmentasi, komputer harus mencari hard disk ketika file tersebut sedang dibuka untuk bagian kembali. Untuk mempercepat waktu tanggap, Anda harus menjalankan Disk Defragmenter bulanan, Windows utilitas yang terfragmentasi defrags dan menggabungkan file untuk respon komputer lebih cepat.
untuk mulai melakukan defrag silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
* Ikuti Start> All Programs> Accessories> System Tools> Disk Defragmenter
* Klik drive Anda ingin men-defrag dan klik Analize
* Klik Defragment

2. Repair Disk Error

Seiring waktu, hard disk bad sector berkembang. Bad sectors memperlambat kinerja hard disk dan kadang-kadang membuat tulisan data yang sulit atau bahkan mustahil. Untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan disk, Windows memiliki built-in perangkat yang disebut Memeriksa Kesalahan utilitas. Ini akan cari hard disk untuk sektor buruk dan perbaikan kesalahan sistem dan kinerja mereka lebih cepat.
Untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan disk ikuti langkah berikut:
* Ikuti Start> My Computer
* Pada My Computer klik kanan hard disk dan klik Properties
* Klik tab Tools
* Klik Check Now
* Pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors
* Klik Start

3. Disable Indexing Services
Indexing Services adalah sebuah aplikasi kecil yang menggunakan banyak CPU. Oleh mengindeks dan memperbarui daftar semua file di komputer, ini akan membantu Anda untuk melakukan pencarian untuk sesuatu yang lebih cepat seperti daftar indeks scan. Namun, jika Anda tahu di mana file Anda, Anda dapat menonaktifkan layanan sistem ini. Tidak akan ada membahayakan komputer anda, jika Anda mencari sering atau tidak terlalu sering.
untuk mulai Disable Indexing Services, anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.
* Go to Start
* Klik Setting
* Klik Control Panel
* Double-klik Add / Delete Program
* Klik Add / Remove Windows Components
* Hilangkan centang pada Indexing services
* Klik Next

4. Optimalkan Display Settings
Windows XP adalah penonton. Tapi biaya sumber daya sistem Anda digunakan untuk menampilkan semua item dan efek visual. Windows terlihat baik-baik saja jika Anda menonaktifkan sebagian besar pengaturan dan meninggalkan berikut:
* Show shadows under menus
* Show shadows under mouse
* Show translucent selection rectangle
* Use drop shadows for icon labels on the desktop
* Use visual styles on windows and buttons

5. Speedup Folder Browsing
Anda mungkin telah memperhatikan bahwa setiap kali Anda membuka My Computer untuk menelusuri folder yang ada sedikit penundaan. Hal ini karena Windows XP akan secara otomatis mencari file jaringan dan printer setiap kali Anda membuka Windows Explorer. Untuk memperbaiki hal ini dan untuk meningkatkan kecepatan browsing, Anda dapat menonaktifkan "automatically search for network folders and printers".

6. Nonaktifkan Kinerja Counters
Windows XP memiliki utilitas monitor kinerja beberapa daerah yang memonitor kinerja PC Anda. Utilitas ini mengambil sumber daya sistem sehingga mematikan adalah ide yang baik.
* Download dan menginstal Extensible Performance Counter List (http://www.microsoft.com/windows2000/techinfo/reskit/tools/existing/exctrlst-o.asp)
* Kemudian pilih masing-masing counter pada gilirannya di 'Extensible performance counters' window dan menghapus 'counter kinerja diaktifkan' kotak centang di bagian bawah tombol di bawah ini

7. Optimalkan Pagefile
Anda dapat mengoptimalkan pagefile. Menetapkan ukuran pagefile Anda akan tetap menjaga sistem operasi dari kebutuhan untuk mengubah ukuran pagefile.
* Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties
* Pilih tab Advanced
* Di bawah Performance pilih tombol Settings
* Pilih tab Advanced lagi dan di bawah Virtual Memory pilih Ubah
* Sorot drive yang berisi file halaman Anda dan membuat awal sama dengan ukuran file maksimum ukuran file.

Windows XP ukuran file halaman 1.5X jumlah memori fisik yang sebenarnya secara default. Meskipun ini baik untuk sistem dengan jumlah memori lebih kecil (dibawah 512MB) itu adalah tidak mungkin bahwa pada umumnya sistem desktop XP membutuhkan 1,5 X 512MB atau lebih virtual memory. Jika Anda memiliki memori kurang dari 512MB, biarkan file halaman pada ukuran standar. Jika anda memiliki 512MB atau lebih, mengubah rasio 1:1 ukuran file halaman ukuran memori fisik.

8. Hapus Fonts for Speed
Font, khususnya TrueType font, menggunakan cukup banyak sumber daya sistem. Untuk kinerja optimal, pangkas font Anda ke orang yang Anda hanya perlu digunakan pada setiap hari dan font yang aplikasi mungkin membutuhkan.
* Buka Control Panel
* Buka folder Fonts
* Pindahkan font anda tidak memerlukan direktori sementara (misalnya C: \ FONTBKUP?) Dalam hal anda perlu atau ingin membawa beberapa dari mereka kembali. Semakin banyak font anda menanggalkan, semakin banyak sumber daya sistem yang akan Anda peroleh.

9. Gunakan Flash Memory untuk Meningkatkan Kinerja
Untuk meningkatkan performa, anda perlu menginstal tambahan memori RAM. Ini akan membiarkan anda boot OS anda lebih cepat dan menjalankan berbagai aplikasi dan mengakses data lebih cepat. Ada lebih teknis paling mudah dan elegan untuk melakukannya daripada menggunakan eBoostr (http://www.eboostr.com).

eBoostr adalah program kecil yang memungkinkan Anda meningkatkan performa setiap komputer, didukung oleh Windows XP di banyak cara yang sama seperti Vista's ReadyBoost. Dengan eBoostr, jika Anda memiliki sebuah flash drive, seperti ibu jari USB flash drive atau SD card, Anda dapat menggunakan untuk membuat komputer anda berjalan lebih baik. Cukup colokkan flash drive melalui soket USB dan Windows XP akan menggunakan eBoostr untuk menggunakan memori flash untuk meningkatkan kinerja.

Produk menunjukkan hasil terbaik bagi aplikasi yang sering digunakan dan data, yang menjadi fitur yang besar bagi orang-orang yang menggunakan program kantor, aplikasi grafis atau alat pengembang. Yang pasti akan menarik perhatian khusus sebagai pemilik laptop upgrade laptop biasanya lebih rumit dan laptop hard drive secara definisi lebih lambat daripada desktop.

10. Melakukan Boot Defragmen
Ada cara sederhana untuk mempercepat startup XP: membuat sistem anda melakukan boot defragment, yang akan meletakkan semua file boot berdampingan pada hard disk. Ketika boot file tersebut di dekat satu sama lain, sistem anda akan mulai lebih cepat.

Pada kebanyakan sistem, boot defragment harus diaktifkan secara default, tapi mungkin tidak untuk Anda, atau mungkin telah berubah secara kebetulan. Untuk memastikan bahwa boot defragment telah diaktifkan:
* Jalankan Registry Editor
* Go to HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Dfrg \ BootOptimizeFunction
* Mengatur Aktifkan nilai string ke Y jika tidak sudah diatur ke Y.
* Keluar dari Registry
* Reboot

Saya harap tips di atas untuk membuat kinerja komputer Anda secara maksimal dan Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan baik.

refrensi : http://tips-arton.blogspot.com/2009/10/langkah-mudah-meningkatkan-kinerja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar